Selasa, 09 April 2013

PPLH

Artikel Siswa :



MENYELAMATKAN SUNGAI/DANAU DI BUMI KITA

Oleh : Kinna Dafera *)


D
alam peringatan wetland day yang jatuh pada tanggal 02 Februari, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untukmerubah dan memperindah danau di lingkungan agar menjadi lebih baik lagi dari pada yang sebelumnya.
Dapat kita lihat secara langsung bagaimana keadaannya yang sungguh sangat memprihatikan apabila hujan turun dalam waktu yang cukup lama air akan meluap ke atas dan banyak tanaman enceng gondok yang tumbuh yang bisa menghambat aliran air. Selain tanaman, terdapat juga sampah yang berasal dari diri kita sendiri.
Untuk mengubah keadaan tersebut, kita dapat mengawali dari diri kita sendiri dengan pelan-pelan berbuat sesuatu agar menjadi lebih baik. Selain itu kita juga harus mengajak orang lain untuk ikut serta berpartisipasi dalam tindakan nyata.
Orang yang sangat mungkin dapat kita ajak untuk membantu merubahnya adalah keluarga. Karena dari keluarga kita bisa mengajak agar tidak membuang sampah ke sungai yang ada disekitar kita. Selanjutnya adalah lingkungan masyarakat agar ikut serta peduli dalam menjaga sungai atau danau yang keberadaannya sudah sangat memprihatinkan tersebut. Dan selanjutnya mengajak masyarakat seluruh dunia untuk berperan serta dalam menyelamatkan lahan basah yang masih tersisa. Hal ini yang paling sederhana mungkin bisa melalui jejaring sosial, wb site atau media lainnya.
Tahukah kalian dimuka bumi ini masalah yang sampai sekarang belum bisa diatasi adalah sampah. Maka dari itu kita harus mengurangi jumlah sampah yang ada dengan cara mengolah kembali atau mendaur ulang sampah-sampah tersebut agar bisa bermanfaat.
Masalah yang lain adalah pembangunan rumah secara liar dibantaran-bantaran kali atau danau yang dapat menghambat atau mengganggu kelancaran dan daya tampung air.
Yang terakhir adalah pembuangan limbah pabrik ke sungai-sungai yang dapat mengganggu kehidupan hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya, karena sungai tersebut sudah tercemar.
Ada beberapa TIPS untuk menyelamatkan danau yang ada di bumi kita:
1.    Tidak membuang sampah ke sungai/danau.
2.    Tidak membangun rumah disekitar sungai/danau.
3.    Melakukan penghijauan di sekitara sungai/danau.
4.    Tidak membuang limbah pabrik ke sungai/danau sebelum dilakukan pengolahan terlebih dahaulu.
5.    Mengolah/mendaur ulang sampah yang masih bisa dimanfaatkan.


*)   Siswa kelas XI TPHP2 SMK Negeri 2 Kota Tangerang
Tulisan dibuat dalam rangka memperingti Wetland Day, 02 Februari 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar